Soal dan Pembahasan OSN Bidang Kimia Tingkat Nasional Tahun 2016



Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah agenda tahunan KementerianPendidikan Nasional (Kemendiknas). Dalam kompetisi bergengsi ini siswasiswihasil seleksi dari tingkat SD hingga SMA seluruh pelosok Indonesia diuji kemampuan mereka dibidang sains. Peraih medali OSN bisa menjadi salahsatu tolok ukur keberhasilan pendidikan sains suatu daerah.

Sayangnya, karena terjadi ketimpangan kualitas pendidikan, peraih medali OSN hanya didominasi sekolah dari daerah perkotaan saja. Namun demikian,selalu terlihat fenomena adanya segelintir siswa dari daerah pinggiran yangmuncul di tengah dominasi siswa perkotaan. Ini menunjukkan adanya potensiluar biasa walaupun mereka tidak didukung kualitas guru dan fasilitas yang lebih baik.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa kualitas pendidikan bergantung padaberbagai faktor, diantaranya kemampuan/motivasi siswa itu sendiri, kualitasguru, dan fasilitas pendukung. Jika siswa daerah pinggiran memiliki faktor faktor diatas, maka sangat mungkin mereka akan mengalahkan siswa dari perkotaan.



Adapun sebagai juara umum OSN 2016 di palembang adalah jawa tengah. jawa tengah untuk 10 kalinya secara berturut-turut berhasil menjadi juara umum OSN. Berikut saya share Soal Teori dan praktikum tingkat nasional untuk bidang kimia. Silahkan didownload filenya dibawah ini:

Untuk pembahasannya akan diunduh pada halaman ini dikemudian hari

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal dan Pembahasan OSN Bidang Kimia Tingkat Nasional Tahun 2016"

Post a Comment