[Melestarikan Budaya] Mainan Anak Indonesia Tahun 90-an Yang Hampir Terlupakan

Balapan Karung
Anak-anak Indonesia saat ini sudah disibukkan dengan smartphone di tangan mereka, seiring berjalannya waktu mungkin akan banyak hal-hal seru yang mereka tidak tahu. Salah satunya adalah permainan tradisional, permainan yang mungkin sudah tidak akan ada lagi. Permainan yang sangat seru ini, mungkin untuk anak-anak yang lahir di tahun 90-an sudah merasakan bagaimana permainan-permainan ini menemani hari-hari mereka, tapi untuk anak-anak yang terlahir di tahun 200-an, jarang dari mereka memainkan permainan tradisional ala anak cerdas Indonesia ini.

Selain Smartphone, Tv juga menjadi salah satu sebab anak-anak Indonesia malas beralih dari duduk antengnya, sekarang ini acara-acara tv jarang menampilkan acara kartun anak-anak tergantikan oleh acara-acara sinetron dan manusia jadi-jadian yang semakin merajalela, tidak sedikit anak-anak pun ikut menirukan apa yang sudah mereka lihat di tv.

Mari kita flashback, permainan apa saja yang seru yang biasa dimainkan anak-anak kecil dulu. Positifnya dari permainan-permainan ini, anak menjadi lebih aktif dan lebih cerdas:

1. Pletokan Bambu
 Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki permainan tradisional yang satu ini. Pletokan bambu namanya, sebuah senjata mainan yang terbuat dari bambu, biasanya mainan ini menggunakan peluru dari kertas yang sudah dubasahi atau bisa menggunakan peluru dari kembang jambu.

2. Permainan kare
Permainan karet model ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki

3. Permainan balapan pelepah pohon kelapa
Permainan balapan ini hanya bisa dimainkan oleh orang banyak, dengan cara dua orang saling bekerja sama, yang satu menjadi supir bertugas menarik pelepahnya, sedangkan yang satu lagi menjadi penumpangnya. pelepah yang digunakan adalah pelepah kelapa kering atau bisa juga menggunakan pelepah palm/pinang kering, siapa yang sampai garis finis duluan, maka dia yang menang.

4. Membuat gelang dan jam mainan
Saking kreatifnya, anak-anak jaman dulu suka membuat gelang dan jam mainan menggunakan janur/daun dari pohon kelapa. setelah itu mereka akan berubah menjadi Power rangers atau Satria Baja Hitam.

5. Petak umpet
Ini adalah model permainan yang tidak kalah seru, yang satu memejamkan mata dan yang lainnya ngumpet/sembunyi, yang berhasil ditemukan pertama kali maka dia gantian jaga unutk memejamkan mata.

6.  Lompat tali karet
Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan, tapi tidak menuntut kemungkinan anak laki-laki juga  memainkan permainan ini. Cara bermainnya adalah tali yang dibuat dari karet dipegang oleh dua orang dengan tinggi yang sama, jika karet berhasil dilompati tanpa menyentuhnya, maka dua orang yang memegang karet tadi harus menaikkan karet lebih tinggi lagi, dan begitu seterusnya. Ada juga lompat tali yang cara mainnya hanya lompat-lompat saja, sesuai dengan ketentuan dan bagaimana peraturan mainnya.

7. "Dolanan Gatheng"
Dari namanya sudah pasti diketahui bahwa permainan ini biasa dilakukan oleh anak-anak suku jawa. Gatheng adalah sebuah permainan mengambil batu dan meletakkan batu diatas tangan, melemparkan dan menangkapnya. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun anak perempuan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment